Tradisi Natal

Tradisi Natal kebaktian, nyanyian pujian (tidak selalu secara tematis terkait peristiwa kelahiran Kristus), makan, mendekorasi rumah, kota, bertukar hadiah – tradisi Natal ini, mungkin, semua orang diEropa. Dalam materi kami – secara singkat tentang dari mana tradisi Natal berasal, menjadi umum diEropa, tentang rasa khusus perayaan Natal dibeberapa daerah, negara.

Tradisi Natal
Foto oleh Olya Kobruseva dari Pexels

Tradisi Natal diRusia

Di Rusia, pesta Kelahiran Kristus saat ini termasuk dalam rangkaian liburan Tahun Baru. Bagi beberapa keluarga, utama adalah pertemuan Tahun Baru, lain tidak merayakan Tahun Baru, mempersiapkan Natal. Hadiah diberikan cara biasa dikeluarga tertentu, bisa diberikan kedua hari raya.

Pada awal Desember, jalan-jalan didekorasi, pohon Natal didirikan ditempat-tempat umum, pasar Natal, pameran amal diadakan. Akhir-akhir ini, boks bayi semakin sering dibangun didekat gereja Natal. Adegan kelahiran dapat dibuat hanya dari cabang-cabang pohon cemara ikon Kelahiran Kristus didalam atau tokoh-tokoh Keluarga Suci, tiga orang bijak, malaikat, binatang. Bahannya bisa sangat berbeda: dari karton, kain hingga salju, es.

Adegan kelahiran disebut pertunjukan Natal khusus, dimainkan bantuan boneka dalam kotak kelahiran khusus, dapat menjadi pertunjukan partisipasi aktor. Plot adegan kelahiran biasanya adalah peristiwa Natal, serta pelarian ke Mesir, pemukulan bayi oleh Herodes, kematian Herodes. Sebelumnya, pertunjukan buaian dikaitkan nyanyian, sekarang teater buaian ditampilkan pada liburan atau pameran Natal.

Dan tradisi lagu-lagu Natal sudah dihidupkan kembali secara terpisah – lagu-lagu memuliakan Kristus, Natal-Nya, biasa mereka gunakan berkeliling halaman, berharap kebaikan, kegembiraan, mengumpulkan hadiah dalam bentuk suguhan, sekarang mereka sering pergi mengunjungi mereka.

Sebelum Natal, umat Kristen Ortodoks berpuasa, berlangsung selama enam minggu, dari 28 November hingga 6 Januari inklusif.

Sehari sebelum pesta Kelahiran Kristus disebut Malam Natal. Namanya berasal dari hidangan tradisional disiapkan pada hari ini – sochi (gandum rebus atau nasi madu). Di masa lalu, pada Malam Natal, mereka hanya makan berair, orang percaya berpantang dari makanan lain sampai awal Natal. Ada tradisi tidak makan apa pun “sebelum bintang pertama” pada hari ini.

Perayaan Natal sendiri berlangsung pada malam tanggal 6-7 Januari – tepatnya tengah malam, ibadah khusyuk dimulai digereja-gereja.

Periode dari 7 Januari hingga Epiphany Christmas Eve (18 Januari) disebut Svyatki. Ini adalah hari-hari sukacita khusus ingin dibagikan oleh orang-orang percaya satu sama lain. Pada saat ini, adalah kebiasaan berkunjung, melakukan karya belas kasih. Sudah menjadi tradisi baik memberikan hadiah Natal, memberi selamat kepada orang-orang menemukan diri mereka dalam situasi kehidupan sulit pada hari libur.

Tradisi Natal diSwedia

Natal diSwedia dirayakan pada malam hari libur itu sendiri – 24 Desember. Dan hadiah diberikan pada tanggal 24 Desember. Natal adalah hari libur paling penting tahun ini, ini benar-benar hari libur keluarga. Tidak ada pesta bising teman-teman direstoran atau bar – ini adalah liburan tenang bersama keluarga. Mengundang teman, bahkan paling dekat, tidak diterima. Saat Natal diSwedia, turis akan bosan, semua kafe, restoran, bar, tempat usaha lainnya kemungkinan besar akan ditutup, jalanan akan kosong. Orang Swedia sama sekali tidak merayakan Malam Tahun Baru.

Orang Swedia paling sering memasak kalkun meja pesta, itu dijual disemua supermarket, meskipun ham babi dianggap jauh lebih tradisional. Juga, pastikan memiliki beberapa jenis ikan haring dalam bumbu berbeda, bakso, kentang, sosis Prinskorv, salmon. Menariknya, diSwedia ada tradisi pada malam Natal minum minuman berkarbonasi Yulmust disiapkan sesuai resep khusus, bahkan melampaui popularitas Coca-Cola.

Pada tanggal 24 Desember pukul 15.00, anak-anak biasanya menonton serial kartun Disney DuckTales. Setelah itu, hadiah dibagikan, malam hari, terlebih lagi, mereka tidak menunggu malam. Kadang kadang membawa hadiah dibawah pohon Natal, dia adalah seorang kurcaci, gemuk, berukuran kecil, serupa dalam pakaian, penampilan Santa: topi, jas merah, janggut,. Dia tidak memiliki atribut khusus (kuda atau Snow Maiden).

Orang Swedia sangat musikal, suka bernyanyi, termasuk lagu-lagu Natal. Ada serangkaian lagu Natal Swedia setiap orang, sebagai suatu peraturan, hafal sejak kecil, dinyanyikan terlepas dari apakah seseorang itu religius atau tidak – digereja, dijalan atau dipaduan suara. Saat ini, isinya jauh dari selalu berhubungan cerita alkitabiah tentang Kelahiran Kristus. Biasanya, ini adalah lagu tentang musim dingin, tentang malam, tentang sihir.

Swedia menyukai pohon Natal hidup. “Hujan“, bola lampu warna-warni dianggap sebagai perilaku buruk. Biasanya umbinya polos, kuning atau putih, mainannya tidak terlalu banyak. Pohon Natal dijalanan hanyalah pohon hidup umbi kuning atau putih satu warna disepanjang garis pohon, mereka tidak dihiasi apa pun, dibersihkan sangat cepat setelah liburan.

Tradisi Natal diJerman

Pada akhir November, secara tradisional diJerman, masa Adven dimulai – minggu-minggu persiapan sebelum Natal. Pada saat ini, banyak keluarga menghiasi karangan bunga Natal empat lilin. Selama empat minggu, setiap hari Minggu, orang Jerman menyalakan satu lilin diatas karangan bunga meriah.

Pada hari Minggu pertama Adven (empat minggu sebelum Natal), satu lilin dinyalakan dikarangan bunga, pada kedua – dua, pada ketiga – tiga, terakhir – keempat lilin dinyalakan. Tradisi ini melambangkan harapan liburan, harapan Natal. Setiap Minggu Adven didedikasikan pembacaan Injil dikatedral: pertama adalah kedatangan Kristus diakhir zaman; kedua, ketiga – transisi dari Perjanjian Lama ke Perjanjian Baru, keempat – langsung ke peristiwa Injil sebelum Natal.

Menunggu melambangkan kalender kedatangan. Tradisi dari Jerman ini secara bertahap menyebar ke seluruh dunia. Kalender kedatangan anak berbentuk kotak 25 jendela. Setiap hari, mulai 1 Desember, setiap hari kejutan kecil cokelat menanti anak disalah satu jendela. Kalender sama orang dewasa termasuk reproduksi lukisan terkenal, lelucon, kutipan dari Alkitab, opsi lain “kejutan” dijendela.

Di banyak rumah, digereja, dialun-alun jalan, figur menggambarkan Keluarga Kudus pada malam Natal dipasang. Figur dapat dibuat dalam berbagai gaya – dari tradisional hingga modern.

Kue Natal sedang disiapkan sebelumnya: roti jahe, stollen. Stollen dipanggang terlebih dahulu, terkadang sebulan sebelum Natal, dapat disimpan ditempat sejuk selama dua hingga tiga bulan. Bentuk roti manis, diisi kismis, rempah-rempah, kacang-kacangan, menyerupai anak dibedong – Kristus.

Hidangan tradisional meja Natal Jerman termasuk angsa isi, babi asinan kubis, ikan mas panggang.

Sinterklas Jerman saat ini adalah Weinakhtsman (Bapa Natal). Dia mengunjungi rumah-rumah melalui cerobong asap, meninggalkan hadiah dibawah pohon. Hari ini, Weinakhtsman semakin digantikan oleh Santa Nikolaus.

Tradisi Natal diInggris

Pada awal abad ke-20, Natal diInggris telah menjadi hari libur keluarga murni, hanya beberapa dari kebiasaan lamanya bertahan hingga hari ini. Di mana-mana, misalnya, kebiasaan bertukar hadiah pada Hari Natal diamati.

Di Inggris Victoria, kebiasaannya adalah memasukkan hadiah ke dalam kaus kaki Natal. Di masa lalu, dikatakan bahwa “Kakek Natal” melakukan perjalanan melalui udara, memasuki rumah melalui cerobong asap. Suatu hari, pergi ke salah satu rumah, dia menjatuhkan beberapa koin emas ke dalam kaus kaki, mereka gantung dikeringkan diatas perapian. Sejak itu, pada Malam Natal, kaus kaki, stoking digantung diperapian harapan akan ada sesuatu jatuh disana – anak-anak percaya bahwa Sinterklas akan mengisinya hadiah.

Sejak abad ke-19 menjadi kebiasaan bertukar kartu ucapan – alih-alih ucapan selamat pribadi dulu wajib pada hari libur. Pada tahun 1843, kartu Natal pertama dicetak dipercetakan.

Makan malam Natal akhir-akhir ini mencakup hidangan tradisional seperti kalkun isi dalam bahasa Inggris atau angsa panggang diWales, Irlandia, puding prem tak tergantikan. Selama berabad-abad, semua penduduk Kepulauan Inggris, makanan umum Natal adalah oatmeal khusus, bubur prem, direbus dalam kaldu daging, remah roti, kismis, almond, plum, madu ditambahkan ke dalamnya, disajikan sangat panas. meja. Selama abad XVIII. bubur prem secara bertahap digantikan oleh puding prem. Puding plum terbuat dari remah roti tambahan berbagai bumbu, buah-buahan. Tetap menjadi kebiasaan menyembunyikan koin perak kecil, perhiasan dipuding Natal – “untuk keberuntungan.”

Orang Inggris secara tradisional mendekorasi rumah Natal cabang-cabang pohon cemara – ivy, holly, memperkuat setangkai mistletoe putih diatas pintu. Ivy harus berpegang teguh pada sesuatu menemukan dukungan, tumbuh. Ini mengingatkan kita bahwa seseorang harus berpegang teguh pada Yang Mahakuasa mencari dukungan, kekuatan.

Dianggap sebagai tanaman suci, simbol kehidupan abadi oleh Druid kuno, mistletoe adalah dekorasi Natal tradisional diInggris sebelum kebiasaan mendekorasi pohon cemara muncul. Kebiasaan ini muncul diInggris relatif baru, dipertengahan abad ke-19, dibawa ke sini dari Jerman. Ratu Victoria, Pangeran Albert menjadi tuan rumah pohon Natal pertama anak-anak mereka diWindsor, mode itu cepat menyebar.

Sekarang dihampir setiap rumah Inggris Natal mereka menghias pohon Natal mainan, permen mengkilap berwarna-warni, diatasnya mereka biasanya memperkuat malaikat atau bintang perak besar.

Pada awal Desember, pohon Natal tradisional setinggi 20 meter dikirim dari Oslo ke London, dipasang diTrafalgar Square. Pohon Natal dikirim ke Inggris oleh Keluarga Kerajaan Norwegia sebagai tanda penghargaan atas bantuan diberikan Inggris kepada Norwegia selama Perang Dunia II. Pohon Natal hanya dihiasi karangan bunga vertikal, terbuat dari bola lampu hemat energi, secara tradisional terlihat sederhana, pertapa. Setiap malam ada pertunjukan amal didekat pohon Natal oleh seniman paduan suara London menyanyikan lagu-lagu Natal tradisional, membantu mengumpulkan dana tujuan amal.

Tradisi Natal lainnya terkait tradisi menyanyikan lagu Natal: pada malam Natal, sekelompok orang, termasuk anak-anak, berkumpul disekitar area menyanyikan lagu-lagu Natal, mengumpulkan sumbangan. Tradisi pementasan pantomim Natal dianggap murni bahasa Inggris. Ini adalah sandiwara komedi berdasarkan cerita, dongeng diketahui semua orang (misalnya, Cinderella, Puss in Boots, dll.).

Natal diInggris dirayakan tanggal 25 Desember. Sebagian besar keluarga pergi ke gereja, setelah kebaktian mereka berkumpul dimeja pesta. Pada hari ini, pukul 3 sore, pidato meriah ratu disiarkan disemua saluran radio, televisi.

Tradisi Natal diPrancis

Di Prancis, dalam keluarga anak-anak, pohon Natal dibeli pada awal Desember, anak-anak menantikan Natal, ketika mereka akhirnya menerima hadiah dari Père Noel.

Pada awal Desember, pasar Natal dibuka diseluruh negeri. Yang paling terkenal adalah diAlsace. Mereka menjual barang hampir sama setiap tahun: hadiah, suvenir dalam bentuk dekorasi Natal, minuman keras, tincture, kue Natal, madu, permen.

Hidangan Natal tradisional adalah log Natal atau, seperti disebut diPrancis, buch de Noel. Ini adalah makanan penutup berbahan dasar biskuit gulung isian cokelat, namun isiannya bisa. Cupcake dihiasi patung-patung, cokelat, taburan. Setiap rumah memiliki patung-patung khusus menggambarkan binatang, Sinterklas, pohon cemara. Mereka disimpan, dicuci dari tahun ke tahun menghias cupcake tradisional.

Log disajikan diakhir makan malam, setelah berbagai macam hidangan, variasi tergantung pada wilayah negara – foie gras, tiram, bola keju, capon isi atau kalkun. Disajikan bersama kentang atau sayuran.

Pusat kota didekorasi Natal setiap tahun, tetapi selain dekorasi, musik Natal dimainkan dijalanan. Di Prancis, beberapa penduduk menghiasi pohon Natal, tetapi itu bukan simbol utama liburan, banyak lebih suka bunga.

Elemen lebih wajib adalah adegan kelahiran Natal.

Sebelum liburan Natal, banyak orang diPrancis melintasi negara itu bertemu keluarga mereka. Seperti disebagian besar negara Eropa, Natal bagi orang Prancis adalah hari libur keluarga.

Tradisi Natal diItalia

Pada tanggal 24 Desember, umat Katolik merayakan Malam Natal. Kebanyakan orang Italia tidak pergi ke misa digereja sepanjang waktu, tetapi kebaktian tengah malam pada malam 25 Desember sangat ramai.

Bagian penting dari persiapan liburan adalah pemasangan adegan kelahiran Natal digereja-gereja, dirumah-rumah orang Italia tokoh-tokoh Yesus, Maria, Yusuf bergaya. Elemen wajib adalah bintang, lembu, keledai, hewan lain tinggal dilumbung tempat bayi Yesus lahir.

Biasanya, orang Italia mencoba membuat adegan kelahiran baru setiap tahun, agar tidak terulang, mereka membeli patung angsa, orang suci, orang Majus, melengkapinya air terjun, mencari batu membangun rumah, gunung, membuat sesuatu tangan. Adegan kelahiran terbesar, terindah dipasang diVatikan figur panjang penuh.

Selain kandang Natal, orang Italia mendekorasi rumah mereka bunga, menghias pohon Natal. Sebelumnya, pada malam Natal, sebatang pohon cemara digantung diatas perapian sebagai simbol keramahtamahan menghormati kedatangan Putra Tuhan ke dunia; sekarang mereka hanya terbatas pada pohon Natal, bunga.

“Natal mawar” atau semacam tumbuhan, tumbuh dipegunungan, mekar hanya dimusim dingin, salah satu spesiesnya bunga putih indah semburat merah muda digunakan menghias rumah. Bahkan lebih banyak orang Italia menyukai “bintang Natal (Betlehem)”, atau spurge (poinsettia), daun hijau, bunga merah delima, mekar tepat pada waktunya Natal.

Bukan kebiasaan makan daging pada Malam Natal diItalia, jadi semua hidangan disajikan pada malam tanggal 24 Desember adalah sayuran atau ikan. Tetapi sudah pada tanggal 25 Desember, pesta dimulai gunung: Natal Italia tidak lengkap tanpa pangsit daging klasik dalam kaldu capon, lentil, daging rebus, buah-buahan kering, cokelat, kue ragi panettone tradisional kismis, buah-buahan kering, pandoro, ditaburi gula halus.

Tradisi Natal
Foto oleh freestocks.org dari Pexels

Tradisi Natal diYunani

Orang Yunani merayakan Natal tanggal 25 Desember, menurut kalender Julian Baru. Natal diYunani adalah hari libur nasional. Tahun Baru dirayakan tidak terlalu khidmat. Mereka biasanya pergi ke gereja pergi ke kuil beribadah. Layanan digereja-gereja paroki diadakan dipagi hari – Matin, Liturgi disajikan. Setelah kebaktian, mereka pulang, duduk makan.

“Roti Kristus” dipanggang secara tradisional salib diatasnya, dihiasi kacang. Orang Yunani tidak memiliki hidangan Natal khusus. Baru-baru ini, karena menyerah pada pengaruh Barat, mereka memasak kalkun. Sebelumnya, mereka memanggang seekor domba jantan atau babi, lebih miskin – seekor burung. Di atas meja harus ada kacang, madu, buah-buahan kering, berbagai jenis kue Natal, delima dari buah-buahan.

Untuk Natal mereka menghias kota, menghias pohon Natal. Di Yunani, menghias pohon Natal adalah kebiasaan terlambat. Saat Natal, mereka dapat menghias pohon Natal, tongkat biasa, dimana pita, lonceng diikat, didaerah pantai, kapal kayu diukir khusus liburan didekorasi. Kemudian anak-anak berkeliling desa kapal-kapal ini, menyanyikan lagu-lagu Natal. Di beberapa desa, anak-anak masih bernyanyi.

Benar, kapal-kapal didekorasi khusus liburan sekarang dibeli ditoko, anak-anak sedang bernyanyi berjalan-jalan segitiga musik. Liburan berlangsung selama lima hari dari Natal hingga Tahun Baru. Selama ini ada meja ditata kaya, liburan berlanjut. Hadiah Natal, Tahun Baru tidak dibawa oleh Santa Claus (atau St. Nicholas), bukan oleh Santa Claus, tetapi.. St. Basil the Great. Hari peringatannya jatuh pada 1 Januari.

Tradisi Natal diSpanyol

Beberapa minggu sebelum Natal, biasanya sudah dibulan November, lampu-lampu Natal dinyalakan dijalan-jalan kota. Gambar khas Spanyol adalah iluminasi Natal latar belakang pohon jeruk hijau, pohon palem.

Sinterklas Spanyol terlihat seperti Sinterklas, dia mengenakan mantel, topi merah, disini dia dipanggil Papa Noel. Hari-hari ini mudah menemukannya dijalan-jalan, ditoko-toko, tempat-tempat lain, patung-patung, gambar-gambarnya berkedip-kedip dimana-mana. Supermarket menjual produk khas Natal. Ini adalah permen – marzipans, permen adas manis, turron (berbagai jenis nougat diSpanyol – simbol Natal), polvorones (kue roti pendek berbagai aditif), manisan buah-buahan, berbagai kacang.

Dengan teman, kolega, liburan dirayakan satu atau dua minggu sebelum Natal. Orang-orang masih pergi bekerja, tetapi, pada kenyataannya, hari-hari ini tidak lagi bekerja. Semua hal penting ditunda hingga Januari. Hadiah populer kolega, teman dalam bentuk “keranjang Natal”, mencakup satu set produk khas liburan ini dari sampanye, halva, keju hingga jenis khusus ham – jamon.

Karangan bunga Natal menghiasi pintu depan. “Bunga Natal” (“Bintang Betlehem”) sangat populer. Sebelum Natal, bunga-bunga ini dapat dilihat dimana-mana: dirumah, ditoko, diberbagai institusi.

Henbane sangat populer dikalangan dekorasi Natal. Ini adalah model menggambarkan gambar kelahiran Kristus, adegan alkitabiah lainnya berhubungan Natal. Henbane bisa bermacam-macam ukuran, dari raksasa menghiasi alun-alun kota, hingga mini seukuran telapak tangan. Mereka muncul diNatal dimana-mana – dialun-alun, dikuil, jendela toko. Tradisi khusus diSpanyol adalah lotere Natal: orang Spanyol membeli tiket setiap tahun mencoba peruntungan, mendukung tradisi tersebut.

Pilihan kombinasi pemenang dipercayakan kepada siswa sekolah lokal San Ildefonso, setelah itu mereka harus menyanyikan nomor tersebut kepada mereka berkumpul diaula Lotere Nasional diMadrid. Lotre berlangsung setiap tahun pada tanggal 22 Desember, dalam banyak kasus tanggal ini bertepatan awal resmi liburan Natal. Mengantisipasi liburan Natal Noche Buena – Malam Natal. Sebenarnya, malam ini seluruh keluarga berkumpul makan malam Natal. Meja Natal harus didekorasi, misalnya, komposisi lilin, bola, cabang cemara. Selain angsa, manisan, menu meriah beragam oleh krustasea laut – udang, kepiting, lobster.

Setelah makan malam, biasanya menyanyikan lagu-lagu Natal. Pada tengah malam, lonceng berbunyi menandai dimulainya Misa, umat sering pergi ke gereja. Di pagi hari, hadiah Natal “muncul” dibawah pohon. Mereka sering memberikan hadiah dapat diprediksi, tentang keinginan telah diungkapkan sepanjang tahun.

Tradisi Natal diAustria

Setiap tahun, salah satu negara bagian federal Austria memberikan pohon Natal, ditempatkan diparlemen negara itu. Pohon Natal diAustria didekorasi sehingga mainan, karangan bunga tidak sepenuhnya menghalangi pohon. Perhiasan warna sama sering digunakan atau dua jenis perhiasan satu warna digabungkan.

Seperti ditempat lain diEropa, Austria memiliki pasar Natal tradisional, sebagian besar buka pada akhir pekan terakhir bulan November. Selain itu, diAustria, negara-negara sekitarnya, pasar Natal disebut Christkindmarkt menghormati Christkind. Christkind adalah anak laki-laki malaikat sayap, mahkota, melambangkan bayi Yesus, tetapi bukan dia, diam-diam membawa hadiah. Itu muncul berkat Protestan.

Sebelumnya, Santo Nikolas memberi hadiah kepada anak-anak, tetapi karena Protestan menyangkal penghormatan orang-orang kudus, penggantian diperlukan. Secara bertahap, Christkind berakar dalam keluarga Katolik. Tradisi ini mencakup daftar hadiah disusun oleh anak-anak, diletakkan diambang jendela, dipagi hari menghilang.

Tidak ada perayaan publik pada Hari Natal. Semuanya tutup, tidak ada berfungsi, termasuk restoran, jalanan kosong. Rayakan Natal bersama keluarga. Di sore hari pada Malam Natal, kota mati. Di malam hari sebelum makan malam meriah, saatnya hadiah. Ikan mas secara tradisional dianggap sebagai hidangan meriah, angsa telah dimasak baru-baru ini. Memanggang itu penting, terutama bagel vanila harus ada diatas meja.

Pada malam hari, orang Austria pergi ke misa, diWina misa ditulis oleh Mozart atau Haydn dirayakan.

Tradisi Natal diTanah Suci

Orang-orang Arab Kristen diIsrael merayakan Natal sangat meriah, meriah – kembang api, pesta dihalaman, dijalan-jalan, perayaan, Ortodoks, sebagai suatu peraturan, merayakan bersama umat Katolik, kemudian umat Katolik diundang merayakan bersama pada tanggal 7 Januari. Ortodoks digereja, sebagai suatu peraturan, tidak memperhatikan Tahun Baru sama sekali, menunggu Natal.

Saat ini, diTanah Suci, perayaan terkonsentrasi diYerusalem, Nazaret, kota tempat Juruselamat menghabiskan masa kecilnya, diBetlehem sendiri, tempat Kristus dilahirkan. Sekarang Betlehem adalah sebuah kota diOtoritas Palestina dekat Yerusalem. Hanya turis paspor asing bisa masuk ke Betlehem. Di Betlehem, Natal dirayakan dua kali – pada tanggal 25 Desember, 7 Januari.

Tanggal 25 Desember diperingati oleh umat Katolik, mayoritas penduduk Kristen diBetlehem. 6, 7 Januari dirayakan oleh umat Kristen Ortodoks, semua orang hidup menurut kalender Julian. Perayaan dimulai pada pagi hari tanggal 6 Januari. Sebuah prosesi keagamaan dipimpin oleh Patriark Yerusalem berangkat dari Patriarkat Yerusalem ke Betlehem. Pada zaman kuno, mereka berjalan kaki (hanya 2 jam dari Yerusalem ke Betlehem), sekarang serangkaian mobil mengemudi.

Pada Malam Natal, Patriark melayani diBetlehem. Setelah kebaktian, sebuah prosesi melewati jalan-jalan, parade pemuda Ortodoks Arab, pramuka disertai drum, bagpipe. Kelompok pramuka mempersiapkan parade Natal sepanjang tahun. Sekitar pukul satu pagi, semua orang berkumpul diBasilika Kelahiran, menunggu kedatangan Patriark, melayani Matins, berubah menjadi Liturgi. Ada dua layanan paralel: dikuil itu sendiri, dibawah, diruang bawah tanah dibawah altar, dimana gua Kelahiran Yesus berada. Di lantai bawah ada kapel besar bisa menampung tidak lebih dari 50 orang. Layanan diruang bawah tanah dipimpin oleh salah satu uskup. Pukul 5 pagi, setelah mengambil komuni, orang-orang pulang atau hotel.

Rumah-rumah orang Kristen Arab pada malam Natal dihiasi pohon Natal, karangan bunga. Juga diBetlehem, ada tradisi membuat adegan kelahiran, patung-patung Natal dari pohon zaitun setempat.

Tradisi Natal diGeorgia

Natal dirayakan diGeorgia lagu-lagu Natal“Alilo” (dari Alleluia; mirip lagu-lagu Natal). Selama berabad-abad, sebuah tradisi telah terbentuk – paduan suara pria melewati desa, memberi selamat kepada penduduk pada Natal dalam lagu. Nyonya rumah memberi mereka datang kabar baik gereja, buah-buahan, produk lainnya (terutama roti, gula, telur). Selanjutnya, laki-laki digantikan oleh anak-anak, uang serta permen ditambahkan ke hadiah. Selain itu, “Alilo” merupakan prosesi besar setelah kebaktian Natal, dimana para pendeta pergi bersama anak-anak. Juga berpartisipasi dalam prosesi adalah mummer mewakili karakter Injil. Di Tbilisi, prosesi pergi ke katedral utama Gereja Ortodoks Georgia, dimana Patriark bertemu mereka, memberi mereka hadiah, permen, kemudian disumbangkan amal.

Di setiap wilayah Georgia, Natal dirayakan caranya sendiri, hidangan meriah khusus disiapkan itu. Tetapi babi dianggap sebagai atribut wajib dari meja pesta. Dari manis – churchkhela, madu, kacang-kacangan, buah-buahan kering.

Natal, Tahun Baru diGeorgia, tamu istimewa diundang: mekvle, atau “meninggalkan jejak”, tentu saja orang sehat, makmur, terhormat dari antara teman atau kerabat baik, ia diminta menjadi pertama melewati ambang pintu rumah pada hari Natal atau Tahun Baru. Sebelum kedatangannya, tidak ada bisa meninggalkan rumah atau memasuki rumah. Melewati ambang pintu, mekvle harus memberi tahu pemiliknya: “Saya memberi Anda kegembiraan, kebahagiaan, kesehatan, kebaikan, kemakmuran!” – Sebagai hadiah, dia membawa buah-buahan, permen. Baru kemudian makan malam dimulai.

Tradisi Natal diUkraina

Malam Natal diUkraina disebut “Malam Suci”, dirayakan pada 6 Januari. Pada hari ini, penyanyi berjalan disekitar desa. Mereka memerankan sebuah pertunjukan dimana penduduk desa menjadi penonton, peserta pada saat bersamaan. Mendekati rumah berikutnya, penyanyi mengetuk pintu, meskipun pemiliknya menunggu kedatangan mereka, mereka masih bertanya siapa datang, mengapa.

Penyanyi dalam bentuk puitis meminta izin kepada carol, pembawa acara, dalam bentuk puisi, memberi mereka izin ini. Setelah itu, sandiwara Natal dimainkan diambang pintu, lagu-lagu dinyanyikan. Kemudian penyanyi membuka gulungan tas khusus, dimana pemilik rumah menuangkan suguhan sudah disiapkan sebelumnya. Dan penyanyi sedang memulihkan diri ke gubuk berikutnya.

Pada malam Suci dalam makan, utama adalah“kutya” – gandum atau bubur nasi madu, biji poppy, kismis, kolak buah kering uzvar. Dan perjamuan Natal dimulai setelah kebaktian Natal. Di atas meja harus ada angsa goreng, plum diisi kacang, kalach. Di selatan Ukraina, pada hari ini, seharusnya membawa makan malam orang tua baptis mereka dimalam hari. Perjamuan terdiri dari kalach wajib, buah-buahan, permen. Anak-anak baptis memberi selamat kepada para wali baptis, memberikan makan malam kepada mereka, sebagai imbalannya menerima kalach lain, serta hadiah – permen, uang.

Pada hari kedua, mereka seharusnya membawa makan malam ke bidan mereka.

Pertemuan malam, pesta meriah berlanjut hingga Epiphany, dimana liburan musim dingin berakhir.

Tradisi Natal diAS

Natal diAS dirayakan dalam skala besar. Orang Amerika mendekorasi rumah mereka karangan bunga bercahaya, meletakkan sosok Sinterklas, manusia salju, hewan dihiasi bola lampu dihalaman. Mempersiapkan liburan Natal dimulai segera setelah Thanksgiving (Kamis keempat dibulan November).

Pohon Natal utama Amerika ada diWashington – tidak ditebang, tetapi hidup. Pohon cemara lebih kecil ditempatkan disekitar pohon utama sesuai jumlah negara bagian, teritori. Sepanjang Desember, festival karangan bunga, berbagai pertunjukan teater, bazaar diadakan.

Pohon Natal ditempatkan dirumah, menempatkan semua imajinasi, kemungkinan ke dalam dekorasi mereka. Sudah menjadi kebiasaan makan siang diakhir pekan liburan. Makan malam keluarga seperti itu diadakan diseluruh negeri. Seluruh keluarga, termasuk semua kerabat, berkumpul liburan Natal itu sendiri. Seperti sebelumnya, banyak keluarga mempertahankan tradisi menghadiri kebaktian Natal.

Santa Claus dalam bentuknya sekarang muncul diAmerika Serikat pada abad ke-19.

Salah satu tradisi lama disekitar Natal adalah lagu-lagu Natal, dibawakan oleh paduan suara profesional, amatir, dewasa, anak-anak, remaja.

Tradisi Natal diRepublik Ceko

Sejak awal Desember, pasar Natal dibuka dialun-alun Praha makanan lezat (kacang berangan panggang, kue keju spesial, panekuk kentang), anggur sudah dipikirkan, pukulan, minuman beralkohol, nyanyian paduan suara. Tangkai mistletoe adalah dekorasi tradisional saat Natal, dijual dipameran dalam warna hijau, disepuh, perak.

Sehari sebelum Natal diRepublik Ceko disebut Hari Kedermawanan. Pada Hari Dermawan, secara umum ketiga hari libur (24, 25, 26 Desember), hampir tidak ada transportasi, semua toko, restoran tutup, kehidupan berhenti.

Pada Hari Dermawan, keluarga berkumpul bersama. Hidangan utama meja pada Hari Dermawan adalah sup ikan, ikan mas goreng, salad kentang, sangat mirip Olivier Rusia tanpa daging, kue Natal buatan sendiri. Malam ini seluruh keluarga menyanyikan lagu-lagu Natal atau mendengarkannya diradio. Secara tradisional, pada malam Natal, semua kerabat duduk bersama didepan TV, menonton cerita Natal. Pada tengah malam orang pergi ke gereja misa Natal. Pada Hari Natal itu sendiri, hari berikutnya, orang Ceko pergi mengunjungi kerabat, teman.

Seperti diAustria, “karakter” utama Natal adalah bayi Yesus. Dialah meletakkan hadiah dibawah pohon. Dan sebelum itu, anak-anak menulis surat kepada bayi Yesus harapan hadiah, kemudian mereka gantung diseutas benang diluar jendela. Saat bayi membawa hadiah, bel berbunyi dirumah.

Fakta menarik lainnya dari sejarah tradisi Natal Ceko: hingga abad ke-18, pohon Natal diRepublik Ceko digantung terbalik dari langit-langit.

Tradisi Natal diBelarusia

Menurut tradisi Belarusia, makan malam pada Malam Natal (sehari sebelum Natal) murah hati tetapi ramping, terdiri dari 12 hidangan menghormati dua belas rasul. Malam Natal disebut berbeda diberbagai wilayah diBelarus. Malam Natal, atau dalam pengucapan Belarusia “sacheunik“, – diwilayah Mogilev, diVitebsk. Dan diwilayah Grodno sering disebut “kutsya“. Di wilayah Brest, hari terakhir sebelum Natal disebut carol, dalam bentuk tunggal. Pada hari ini, seperti banyak Ortodoks, ada tradisi saleh tidak makan apa pun “sebelum bintang pertama”.

Kebaktian Natal paling penting diadakan pada malam hari. Hidangan Natal tidak memiliki hidangan khusus, mereka hanya berbuka puasa, termasuk hidangan daging.

Ada tradisi menutupi meja pesta jerami sebagai pengingat bahwa Yesus Kristus lahir disebuah gua berfungsi sebagai lumbung ternak. Terkadang taplak meja diletakkan diatas jerami, terkadang, sebaliknya, sedikit jerami diletakkan diatas taplak meja. Sebuah lilin diletakkan ditengah meja, melambangkan Bintang Betlehem.

Dan troparion Natal dinyanyikan atau dibacakan, nyanyian Natal gereja mencerminkan esensi liburan: “Natal Anda, Kristus, Allah kami, naik ke dunia terang akal budi; didalamnya, bintang-bintang berfungsi sebagai bintang, saya belajar tunduk kepada Anda, matahari kebenaran, memimpin Anda dari ketinggian timur; Tuhan, kemuliaan bagi-Mu!” Pada malam ini, secara tradisional seharusnya seluruh keluarga, kerabat dekat, berkumpul bersama, makan, menyanyikan lagu-lagu daerah tema Natal.

Tradisi Natal
Kembali ke Atas